Mengapa Banyak Orang Suka Musik

Mengapa banyak orang suka musik? Dalam rutinitas tidak sedikit orang yang selalu menyetel lagu atau musik untuk menemani bekerja. Hal ini kadang menimbulkan pertanyaan mengapa banyak orang yang suka musik? Walaupun, terkadang ada yang menjadikannya sebagai suatu hobi dan kebutuhan.

Hal ini tentu saja karena banyaknya manfaat yang bisa dirasakan secara langsung. Entah itu dari segi fisik atau juga mental bagi orang yang mendengarkan music. Terlebih juga dapat meningkatkan dari segi kecerdasan otak.

Atau dengan adanya suara musik dapat membuat pekerjaan jadi lebih bersemangat. Serta tidak jenuh, ketika suasana yang begitu hening. Untuk itu simak berbagai alasan lengkapnya berikut ini:

Alasan Mengapa Banyak Orang Suka Musik

Mengapa banyak orang yang suka musik dapat dijawab dengan sejumlah alasan. Hal ini karena banyaknya rasa yang ditimbulkan ketika mendengarkan musik bagi masing-masing orang. Tentunya alasan tersebut juga berbeda satu sama lain.

Tapi secara umum semuanya menimbulkan dampak yang positif, sehingga mendengarkan musik jadi sebuah candu yang tidak dapat dihentikan. Maka untuk itu, ada baiknya dengan menyimak berbagai alasannya berikut ini:

1. Meningkatkan Suasana Hati

Mengapa banyak orang yang suka musik dapat dijawab dari adanya peningkatan suasana hati. Hal tersebut, karena memperbaiki mood atau suasana hati bagi yang mendengarkan musik selain itu juga dapat melepaskan dopamin.

Ini sebenarnya merupakan hormon yang dapat membuat perasaan lebih senang. Sama halnya ketika seseorang mengkotak-kotakkan sajian yang begitu lezat atau bahkan hal-hal yang disukai.

2. Melepas Stres

Alasan kedua mengapa banyak orang yang suka musik adalah dapat melepaskan stress. Karena tidak jarang saat bekerja rasa stres sering muncul dan mengganggu bagi kesehatan mental. Sehingga dengan adanya musik, dapat melepaskan rasa jenuh tersebut.

Hal ini juga karena melepaskan hormon kortisol, yaitu sebuah hormon yang menyebabkan rasa stres ini muncul dengan musik dapat menekan. Karena munculnya rasa senang pada otak.

3. Mengubah Perilaku

Siapa menyangka jika dengan mendengarkan musik juga dapat mengubah perilaku seseorang. Contohnya saja dapat membuat rasa kepercayaan diri lebih meningkat atau keintiman. Hal ini karena meningkatnya produksi oksitosin.

Jika diartikan, ini merupakan faktor yang membuat seseorang menjadi lebih mudah berperilaku baik. Dengan kata lain tidak hanya bermanfaat bagi diri pribadi, tetapi juga lingkungan sekitar serta hubungan dengan pihak lain.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Berikutnya dengan mendengarkan musik juga dapat meningkatkan daya ingat yang dimiliki oleh seseorang. Hal ini, karena terhubung langsung dengan bagian memori dan pendengaran jadi akan merangsang otak yang berfungsi untuk penyimpanan.

Maka dari itu dapat membuat seseorang memiliki daya ingat yang lebih baik. Karena rangsangan tersebut, sehingga memori yang dikeluarkan pun juga baik.

5. Meningkatkan Kecerdasan

Sudah bukan hal baru lagi jika dengan mendengarkan musik dapat membantu peningkatan kecerdasan. Apalagi dengan daya ingat yang begitu baik ini, sehingga terjadinya peningkatan IQ.

Bahkan untuk ini banyak yang menyarankan agar ibu hamil lebih sering mendengarkan music. Terkhususnya bagi calon bayinya nanti, karena juga dapat merangsang pertumbuhan otak kiri dan kanan. Dengan adanya suara tersebut sehingga lebih cepat menciptakan ide.

6. Meningkatkan Kinerja Kognitif

Alasan berikutnya adalah dapat meningkatkan pada bagian kinerja yang kognitif. Hal tersebut bila diperdengarkan pada anak SD dapat meningkatkan kemampuan dari segi verbal serta kosakata yang jauh lebih baik.

Dampak kedepannya akan meningkatkan dari segi kecerdasan spasial. Yaitu berkaitan dengan berpikir dalam visual serta baik untuk pekerja pelajaran sains serta matematika.

7. Meningkatkan Kreativitas

Berikutnya adalah mampu untuk meningkatkan dari segi kreativitas. Karena mudah dalam menemukan berbagai ide kreatif dengan memanfaatkan musik yang membantu dalam berbagai hal ini.

Dampak Negatif Mendengar Musik

Jika tadi dibubarkan alasan banyaknya pihak yang menyukai musik mungkin ada hal lain yang harus dibahas. Contohnya berkaitan dengan dampak negatif, apabila terlalu sering mendengarkan music.

Walau secara umum lebih banyak dampak positif tetapi bukan berarti tidak memiliki dampak negatif. Karena segala sesuatu yang berlebihan pasti sangat tidak baik, untuk dilakukan seperti berikut ini:

1. Merusak Pendengaran

Dampak negatif pertama adalah dapat merusak pendengaran apabila mendengarkan musik dengan volume yang begitu keras. Apalagi, terkadang banyak orang yang justru merasa senang jika musik diperdengarkan secara keras padahal lambat lawan dapat berakibat buruk.

2. Menyebabkan Kegelisahan

Selain perasaan senang ternyata mendengarkan musik juga mampu menimbulkan rasa gelisah. Hal ini jika selalu memutar musik dengan nuansa yang begitu sedih, karena musik-musik galau memiliki tempat yang begitu populer di masyarakat.

Jadi itulah alasan mengapa banyak orang yang suka musik. Dengan hal tersebut berarti kini bisa mempertimbangkan apakah sebenarnya musik tersebut pantas dijadikan rutinitas dalam sehari-hari atau bahkan harus dikontrol.

Leave a Comment