Mengapa Banyak Orang Mencari Pekerjaan di Jakarta

Mungkin sedikit heran mengapa banyak orang mencari pekerjaan di Jakarta dan bahkan hal tersebut terjadi dari dulu hingga sekarang. Tentunya setiap orang memiliki alasan yang tepat. Namun kenapa hampir semua orang tertarik ke sana?

Dalam pelajaran sekolah memang ada pertanyaan ini hingga mungkin sedikit menyulitkan bagi anak untuk menjawab. Karena itu, kali ini akan disebutkan mengenai beberapa alasan mengapa banyak yang mencari pekerjaan di Jakarta, diantaranya:

1. Lowongan Pekerjaan Luas

Alasan pertama kenapa mencari pekerjaan di Jakarta adalah karena lowongan kerja luas. Jakarta sendiri merupakan sebuah kota metropolitan yang menjadi ibu kota negara. Sehingga berbeda dengan kitab lainnya.

Di Jakarta sendiri ada banyak sekali perusahaan besar yang membangun usahanya di sana. Sehingga lowongan atau lapangan pekerjaan pun lebih banyak. Jadi wajar, jika banyak yang merantau ke sana.

2. Jaringan yang Luas

Kemudian adalah berikutnya yang membuat orang mencari pekerjaan di Jakarta adalah karena jaringannya luas. Di Jakarta sendiri bukan hanya perusahaan asli Indonesia saja. Namun banyak pula perusahaan internasional bahkan multinasional, sehingga pekerjaannya mampu memperluas koneksi.

3. Banyaknya Hiburan

Bukan hanya soal pekerjaan saja, di Jakarta juga banyak hiburan yang menarik minat masyarakat u untuk datang ke sana. Sebab di Jakarta sendiri, ada banyak sekali macam hiburan. Seperti event atau fasilitas hiburan seperti mall dan lainnya.

4. Meritokrasi

Kemudian alasan mengapa banyak orang yang mencari pekerjaan di Jakarta adalah dikarenakan meritokrasi. Di Jakarta sendiri merupakan tempat dengan tingkat kompetisi yang sangat baik. Sehingga sangat cocok jika mendahulukan tentang meritokrasi.

Bukan berarti dengan datang ke Jakarta akan mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Namun dengan meritokrasi ini, adakalanya seseorang harus berjuang lebih keras dalam menggapai apa yang diinginkan. Juga bertahan dan berkembang dalam mempertahankan posisinya.

5. Penasaran Merantau dan Mengadu Nasib

Alasan kelima ini memang terdengar sangat klise bahkan sedikit lucu. Namun nyatanya, kebanyakan orang datang ke Jakarta adalah dengan alasan penasaran bagaimana rasanya merantau. Juga penasaran dengan mengadu nasib di sana.

Kebanyakan hanya penasaran dengan rasa seperti apa merantau ke Jakarta, atau hanya sekedar ingin merasakan apa yang dirasakan oleh temannya. Juga penasaran dengan kehidupan yang ada di sana, sehingga mendorong dirinya untuk datang ke Jakarta.

6. Banyaknya Jenis Pekerjaan

Bukan hanya soal lowongan kerja yang luas, namun alasan lain yang juga sering digunakan adalah banyaknya jenis pekerjaan. Seperti yang sudah di katakan tadi, bahwa di Jakarta sendiri adalah tempat usaha multinasional. Hampir semua jenis pekerjaan ada di sana.

Hal tersebutlah, yang menjadikannya untuk pekerja di sana. Bisa dikatakan juga sebagai ajang mencari pengalaman. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya. Rasa penasaran ini, yang akhirnya membuat orang memiliki pengalaman lebih.

7. Gaji UMR yang Cukup Tinggi

Di Jakarta yang merupakan kota metropolitan, tentu gaji UMR di sana lebih tinggi dibanding dengan gaji di tempat lain. Sehingga banyak yang tertarik untuk bekerja di sana. Sebab memang UMR Jakarta lebih tinggi ketimbang tempat lain.

Untuk saat ini, UMR Jakarta adalah sekitar 4 lebih dan hampir mendekati angka 5 juta rupiah atau lebih tepatnya 4.9 juta. Ini lebih tinggi ketimbang kota Surabaya atau kota Semarang, sehingga banyak yang tertarik.

8. Untuk mendapatkan Jenjang Karir yang Lebih Baik

Kemudian alasan lain mengapa banyak orang yang mencari pekerjaan di Jakarta adalah karena ingin mendapatkan Jenjang Karir yang lebih baik. Apalagi di Jakarta memberikan banyak peluang seperti yang telah disebutkan. Sehingga untuk mendapatkan posisi bagus dan lebih menjanjikan.

9. Berkesempatan Mendapatkan Kualitas Pendidikan yang Lebih Baik

Di Jakarta tentu ada banyak universitas yang menjadi incaran dari berbagai daerah. Hal ini juga yang membuat orang tertarik ingin bekerja di Jakarta, yakni agar bisa mendapatkan pelayanan pendidikan yang lebih baik.

10. Jangkauan Transportasi Lebih Mudah

Karena di Jakarta sendiri merupakan pusat dari Indonesia, maka segala kemudahan ada di sana. Tentu jika bekerja di Jakarta, akan mudah dalam mendapatkan transportasi yang memadai. Sehingga tak masalah, jika tidak memiliki kendaraan pribadi.

Demikian adalah ulasan mengenai alasan mengapa banyak orang yang mencari pekerjaan di Jakarta yang bisa dijadikan sebagai tambahan wawasan. Mungkin masih ada banyak lagi alasan lainnya. Namun tadi juga sudah cukup banyak disebutkan.

Leave a Comment