Hikmah Perilaku Istiqamah

Istiqamah merupakan perilaku terpuji yang menunjukkan kontinuitas dan keberlanjutan suatu hal baik. Ternyata perilaku istiqamah membawa hikmah bagi yang senantiasa mengamalkannya. Hikmah merupakan buah hasil dari suatu peristiwa. Adapun hikmah perilaku istiqamah adalah sebagai berikut:

1. Akan Dijauhkan dari Rasa Takut

Ciri orang istiqamah adalah selalu komitmen dengan apa yang sedang dikerjakan. Kata lain dari istiqamah juga bisa disebut dengan kontinu atau terus menerus. Istiqamah erat kaitannya dengan usaha mempertahankan, dalam hal ini kebaikan.

Hikmah pertama dari perilaku istiqamah yakni dijauhkan dari adanya rasa takut. Alasannya orang yang seperti itu tidak akan pernah cemas dengan masa depan. Yakin dan tanpa mempertanyakan apa balasannya, sehingga mengantarnya pada ketentraman jiwa.

2. Terhindar dari Sedih Berkepanjangan

Setiap manusia pasti memiliki ujian yang berbeda-beda. Merasa sedih itu hal wajar, jika ada alasan yang memperbolehkan. Contohnya kehilangan seorang yang dicintai. Namun, menjadi orang yang sedihnya berkepanjangan itu tidak baik.

Maka dari itu, agar siap dalam menghadapi ujian, sekaligus tidak merasa sedih berlarut-larut seseorang hendaknya membiasakan perilaku istiqamah. Sehingga saat sedih hanya sewajarnya dan memasrahkan kepada sang Pencipta.

3. Memperoleh Kesuksesan di Hidupnya

Contoh bentuk istiqamah adalah bertahan melawan hawa nafsu. Bahkan hal tersebut termasuk dalam jihad akbar. Alasannya bukan musuh nyata yang dilawan tetapi nafsu di dalam dirinya.

Hikmah perilaku istiqamah itu bisa memperoleh kesuksesan yang ada di hidupnya. Kesuksesan ini bisa berupa prestasi belajar karena tekun dan ulet. Bisa juga karena melawan rasa malas seseorang mendapatkan apa yang diinginkan.

4. Bersikap Sabar Atas Ujian yang Diberikan

Perilaku istiqamah juga mengandung hikmah lain yakni sabar terhadap ujian. Ujian yang diberikan kepada seseorang sebagai bukti kasih sayang Allah. Apabila mampu dilewati akan dinaikkan derajatnya.

Bersikap sabar akan adanya ujian ini sebagai buah dari perilaku istiqamah. Contoh istiqamah yang bisa berupa tetap teguh yakin pasti ada jalan. Maka, sikap sabar yang ditunjukkan sebagai buahnya.

5. Memperoleh Perlindungan dari Allah SWT

Ketaatan seseorang penting untuk bekal hidupnya. Orang yang senantiasa taat pada perintah dan menjauhi larangan, Allah selalu memberikan perlindungan dari adanya kejahatan atau keburukan.

Istiqamah membawa orang menjadi pribadi yang berhati-hati dalam beragama, sehingga secara tidak langsung, mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Perlindungan ini bisa berupa dihindarkan dari perilaku buruk.

6. Dapat Menghilangkan Rasa Putus Asa

Pentingnya berperilaku istiqamah adalah benteng untuk menjaga pertahanan dari sikap putus asa. Ujian yang datang akan membuktikan istiqamah seseorang. Apabila pribadi yang teguh tentu bersikap pasrah pada-Nya.

Sementara pribadi yang belum bisa istiqamah cenderung putus asa. Sikap putus asa biasanya akan menimbulkan perilaku negatif bagi seseorang. Bahaya jika perilaku tersebut berakibat fatal di kehidupannya. Agar kuat hadapi ujian tanamkan istiqamah dalam kebaikan.

7. Mendapat Kebahagiaan di Akhirat

Bukan hanya mendekatkan kepada kebahagiaan di dunia, perilaku istiqamah juga mendapat kebahagiaan ukhrawi. Seperti yang dijanjikan Allah pada Perang Badar. Orang yang teguh menegakkan islam akan dapatkan pahala.

Pahala yang bisa dipanen suatu saat nanti. Perilaku istiqamah mengantarkan orangnya kepada keberuntungan di akhirat. Salah satu bahagianya di akhirat adalah masuk surga. Meskipun semua yang terjadi sudah ada ketetapan dari-Nya.

8. Mendekatkan pada Kebahagiaan Dunia

Hikmah perilaku istiqamah bahkan bisa dirasakan di dunia. Buah hasil orang yang istiqamah akan didekatkan kebahagiaan di dunia. Entah dari mana jalannya, pasti kebahagiaan yang ada di dunia bakal didekatkan.

Keikhlasan beramal baik yang disertai kebaikan di dunia akan terus mendekat. Misalnya saja seorang yang rajin belajar di waktu subuh. Pribadi seperti itu biasanya mendapatkan kepuasan di dunia. Rasa puas inilah yang menjadi dekatnya bahagia.

9. Tidak Mudah Goyah Pendirian

Hikmah perilaku istiqamah yang lain ditunjukkan dengan adanya seseorang tidak mudah goyah pendiriannya. Kemantapan serta keyakinan yang selalu ditanam berbuah manis. Hal tersebut akan membentuk pribadi kuat dan sabar.

Segala bentuk ujian dan godaan dunia tidak mudah tergoyahkan. Orang yang istiqamah selalu mengandalkan jalan yang benar. Entah berapapun materi yang bisa membuatnya goyah, namun pribadi tersebut akan tetap teguh agar tidak tergiur.

10. Selalu Merasa Tenang dalam Hidupnya

Perilaku istiqamah biasa ditunjukkan dengan sikap santai dalam menjalankan kehidupan. Seorang yang istiqamah akan didekatkan dengan ketenangan batin. Hidupnya selalu dipenuhi keluasan hati menerima yang terjadi.

Bentuk perilaku istiqamah tersebut seperti orang berjualan di pasar dan saat setiap hari jumat bersedekah. Hatinya selalu diiringi ketenangan karena baginya berbagi sama halnya membersihkan harta agar berkah. Maka, hikmah istiqamah adalah menimbulkan rasa tenang.

Itulah tadi 10 hikmah perilaku istiqamah yang tertanam bagi pribadinya. Bukan hanya urusan duniawi yang bisa diperoleh tanpa disadari langsung. Namun, urusan ketentraman jiwa dan surga juga bisa didapat atas izin-Nya.

Leave a Comment