Dampak Negatif Internet

Penggunaan internet menuai permasalahan di masyarakat. Baik itu dalam hal Pendidikan, keluarga, maupun urusan pribadi, memiliki dampak negatif internet yang bahkan sering tidak disadari. Efek buruk yang tidak terlihat ini justru memberikan dampak yang berbahaya.

Bahkan, beberapa orang menjadikan efek ini sebagai suatu kebiasaan secara tidak sengaja. Karena itulah, efek tersebut harus segera diubah agar tidak memberikan efek negatif lebih banyak kepada seseorang. Inilah 10 jenis dampak negatif yang tidak terlihat dari internet.

1. Berkurangnya Komunikasi Langsung Dengan Orang Sekitar

Banyak orang yang kini terlalu sibuk dengan menjelajah internet. Bahkan kini membuka internet bisa lebih mudah dengan menggunakan hp yang selalu dibawa kemanapun dan kapanpun. Karena seringnya membuka hp inilah menyebabkan seseorang tidak memperdulikan orang di sekitarnya.

Bisa disimpulkan bahwa seseorang yang terlalu asik dengan hp, media sosial, menjelajah internet, akan jarang berkomunikasi dengan orang disekitar dan justru lebih sering berkomunikasi dengan teman online.

2. Berkurangnya Kreativitas Secara Tidak Sadar

Internet menyediakan berbagai jenis sumber referensi yang tak terbatas. Hal ini memiliki dampak negatif penggunaan internet yang berpengaruh pada menurunnya kreativitas seseorang. Bagaimana tidak, adanya banyak sumber membuat seseorang tidak berpikir kreatif melainkan hanya meniru sumber referensi dari google.

3. Terjadi Pengucilan Secara Online Tanpa Disadari

Jika umumnya pembulian banyak terjadi di sekolah secara lisan dan perbuatan serta terjadi di masyarakat berupa pengucilan, maka saat ini pembulian bisa terjadi tanpa disadari oleh pelakunya melalui internet. Cyber bullying melalui media online ini terjadi saat seseorang mengolok melalui komentar.

Bahkan, komentar yang diberikan lebih menyakitkan dibandingkan pengucilan secara langsung. Memang hal ini sering dianggap sepele karena tidak terlihat. Namun, perilaku ini memberikan efek buruk bagi korbannya.

4. Waktu Menjadi Terbuang Sia-sia

Selain ketiga efek tidak baik tersebut, ada dampak negatif internet lainnya yang sering tidak disadari yakni waktu yang terbuang dengan sia-sia. Beberapa orang mungkin terlalu asik dalam media sosial, google, hingga menonton YouTube sehingga lupa bahwa waktu mereka terbuang sia-sia.

5. Berkurangnya Perhatian Dan Mulai Mengabaikan Orang Terdekat

Sibuk dalam dunia maya mungkin menjadikan seseorang lupa dan tidak peduli lagi akan kehidupan nyata mereka. Seasikan dan kebahagiaan yang didapat di dunia maya mungkin lebih seru yang membuat seseorang menjadi mengabaikan orang terdekat seperti keluarga.

6. Keamanan Pribadi Yang Tersebar Luas Dan Terancam

Dampak negatif internet juga akan mempengaruhi pengguna media sosial apapun bentuknya. Informasi, foto, data pribadi, dan kegiatan sehari-hari telah menjadi konsumsi publik sehingga privasi telah tercemar dan diketahui oleh banyak orang.

Hal ini mungkin tidak terasa di masa sekarang. Namun, tersebarnya informasi pribadi ini bisa menyebabkan bahaya. Oleh karena itu, bijak dalam penggunaan media sosial dan internet adalah penting demi keamanan diri.

7. Mengalami Insomnia

Sibuk dengan dunia maya, menggunakan internet terus menerus, dan menggunakan sosial media bisa menyebabkan seseorang menjadi terlalu asik hingga tidak merasakan kantuk. Jika terus menerus seperti ini, maka seseorang akan terjangkit insomnia dan bahkan bisa sangat mengganggu.
Inilah salah satu dampak negatif internet yang bahkan sering tidak disadari. Terjangkitnya insomnia jika terlalu lama maka akan mempengaruhi kesehatan seseorang. Bahkan bisa menyebabkan gangguan kesehatan fatal.

8. Menjadi Tidak Aktif Secara Fisik

Sering sibuk dengan HP, media sosial, dan aktivitas online lainnya membuat seseorang menjadi mager atau malas gerak. Sikap malas bergerak ini mungkin sering dianggap sepele. Padahal nyatanya, malas bergerak justru memiliki dampak buruk bagi kesehatan seseorang.

9. Tidak Bisa Lepas Dari Candu Internet

Banyak hal yang bisa dicari dan diakses secara online. Umumnya, hal yang berkaitan dengan online dan internet ini mengasyikkan sehingga membuat seseorang bisa kecanduan. Candu terhadap internet bisa menimbulkan dampak negatif internet yang bertumpuk dan merusak mental maupun kesehatan.

10. Terjebak Penipuan

Aktif di dunia maya adalah hal yang tidak nyata. Tidak ada jaminan kebenaran dari informasi yang didapat secara online tanpa tatap muka. Oleh karena itu, tidak sedikit korban dari penipuan yang berasal dari internet itu sendiri. Tetap berhati-hati saat menggunakan jaringan online adalah hal sebuah kewajiban.

Demikian penjelasan dampak negatif internet yang disertai dengan informasi detail. Dunia maya yang ternyata lebih luas dari dunia nyata, namun tetap harus berhati-hati saat menjelajahnya agar tidak menerima dampaknya.

Leave a Comment