Contoh Perilaku Santun Dalam Bergaul Dengan Teman Sekelas

Kehidupan sekolah memang mengajarkan banyak hal. Salah satu yang paling berharga adalah menjaga hubungan baik antar teman. Nyatanya memang sulit untuk bisa menyatu dengan teman lain karena memiliki sifat yang berbeda-beda. Menjaga perilaku santun ketika bersekolah merupakan kewajiban. Berikut beberapa contoh perilaku santun dalam bergaul dengan teman sekelas yang bisa diterapkan:

1. Berbicara Dengan Bahasa Yang Baik

Sopan santun seseorang bisa dilihat dari caranya berbicara. Gunakanlah bahasa yang baik ketika berbicara dengan teman. Bahasa yang baik artinya mudah dipahami, tidak kasar, dan tidak membuat orang lain tersinggung. Pakailah bahasa Indonesia jika tidak paham dengan bahasa daerah tersebut agar lebih mudah untuk dipahami.

2. Tidak Mengganggu Teman

Mengganggu teman merupakan kegiatan jahil yang membawa kepuasan tersendiri bagi pelakunya. Namun, tanpa disadari bahwa kegiatan ini bisa membuat teman menjadi tersinggung dan bahkan tidak mau berteman lagi. Apabila memiliki waktu luang gunakanlah untuk kegiatan yang bermanfaat agar tidak timbul keinginan untuk mengganggu orang lain.

3. Mendengar Secara Saksama

Ketika teman sedang berbicara, cobalah untuk menatap matanya dan mendengarkannya dengan baik. Tinggalkanlah terlebih dahulu aktifitas yang sedang dilakukan agar teman merasa berharga karena telah didengarkan. Hal yang sesederhana ini merupakan contoh perilaku santun dalam bergaul dengan teman sekelas yang ternyata sulit dilakukan.

4. Mengucapkan Salam

Salam adalah kata yang sebaiknya terucap pertama kali ketika memasuki kelas. Mengucapkan salam hukumnya sunnah sehingga bisa mendapatkan pahala dengan cara yang mudah. Perilaku santun ini tentu akan membuat orang yang mendengarnya merasa senang sehingga bisa dengan mudah diterima oleh teman.

5. Memberikan Senyuman Hangat

Beribadah yang paling ringan dilakukan adalah memberikan senyuman yang hangat kepada teman. Berilah senyuman setiap hari meskipun hati sedang bersedih karena senyuman ini termasuk cara untuk menyenangkan orang lain. Tak mengapa jika senyumannya tidak dibalas, yang terpenting adalah sudah mencoba untuk berbuat baik dengan teman satu kelas.

6. Tidak Membuat Gaduh

Melakukan sebuah kegaduhan di kelas demi mencari perhatian teman tentu merupakan perbuatan yang tidak baik. Hal tersebut justru membuat semua teman merasa terganggu dan tidak mau berteman baik. Apabila ingin diperhatikan oleh teman, cobalah untuk mendekatinya dengan baik dan sampaikan pesan secara santun agar mereka mengerti.

7. Minta Izin Jika Pinjam Alat Tulis

Dalam sebuah pertemanan di kelas pasti tidak akan luput dari meminjam barang teman. Entah itu, penggaris, pensil, penghapus, dan lainnya tidak pernah absen untuk dipinjam. Contoh perilaku santun dalam bergaul dengan teman sekelas adalah dengan meminta izin terlebih dahulu jika ingin meminjamnya. Hal ini akan membuat teman lebih ikhlas untuk meminjamkannya.

8. Menghargai Teman Yang Bertanya

Seseorang yang sedang bertanya kepada guru di kelas menandakan bahwa orang tersebut belum paham dengan pembelajaran yang disampaikan dan ingin dijelaskan lebih lanjut. Cobalah untuk diam sejenak ketika ada yang bertanya karena bisa jadi pertanyaannya berbobot sehingga jawabannya juga akan menarik. Jika tidak ingin mendengarkannya, menjadi orang yang dia justru lebih baik.

9. Menghormati Sesama Teman

Menghormati orang tidak harus yang lebih tua. Untuk yang umurnya sepantaran pun tetap harus menghormati agar tercipta kerukunan. Di dalam suatu kelas pasti terdiri dari banyak sekali perbedaan, baik dari segi agama, logat bicara, dan lainnya. Penting sekali untuk selalu menghormati antar teman agar tidak terpecah belah.

10. Membantu Teman Yang Kesusahan

Jangan hanya diam saja ketika melihat teman sedang merasa kesusahan. Orang yang dengan ikhlas membantu teman tersebut akan diberikan pahala yang berlipat. Hubungan pertemanan pun akan lebih baik jika ada rasa simpati dan empati yang tinggi di dalam kelas. Bagi orang yang suka menolong juga nanti pastinya akan ditolong ketika sedang membutuhkan pertolongan.

Itulah contoh perilaku santun dalam bergaul dengan teman sekelas yang patut dijalankan di sekolah. Tak akan ada ruginya jika bisa melakukan 10 contoh perilaku tersebut. Keuntungan yang bisa didapatkan adalah semakin banyak teman, semakin banyak yang membantu, dan tidak akan merasa kesepian ketika berada di sekolah. Teruslah berbuat baik kepada orang lain agar hidup lebih berkah.

Leave a Comment