Manfaat Globalisasi Bagi Masyarakat

Pada abad ke 21 ini, globalisasi sudah tidak bisa dibendung lagi. Dunia semakin terintegrasi. Pengaruhnya bagi kehidupan masyarakat dapat ditinjau dari banyak aspek seperti ekonomi, politik, keamanan dan sosial budaya. Globalisasi tentunya membawa manfaat yang positif dalam kehidupan masyarakat. Contoh manfaat globalisasi bagi kemajuan masyarakat adalah sebagai berikut:

1. Sikap Terbuka dan Demokratis

Contoh manfaat globalisasi yang pertama adalah sikap yang terbuka dan demokratis. Dengan adanya globalisasi ini, masyarakat menjadi lebih terbuka dan open mind akan hal-hal baru yang memberikan kemajuan. Selain itu juga masyarakat menjadi lebih demokratis sehingga semua orang dapat menyampaikan pendapatnya dengan bebas dan jelas.

2. Kemudahan di Bidang Komunikasi

Globalisasi juga sangat berpengaruh dalam kemudahan di bidang komunikasi. Sekarang ini masyarakat dapat dengan mudah berkomunikasi dengan kerabat atau saudara walaupun jaraknya sangat jauh. Hadirnya teknologi layanan video call juga sangat membantu masyarakat untuk berkomunikasi melepas rindu dengan orang terkasih yang jauh disana.

3. Memperluas Wawasan Budaya

Jangankan di dunia, Indonesia sendiri memiliki budaya yang sangat banyak. Dengan adanya globalisasi ini masyarakat dapat menjelajahi berbagai macam budaya baik di dalam negeri maupun Internasional. Alat promosi dan teknologi informasi yang canggih juga sangat membantu mempublish budaya sehingga dikenal oleh banyak orang di dunia.

4. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Asing

Globalisasi juga membuka pola pikir masyarakat untuk banyak bergaul dan berhubungan dengan banyak orang sampai ke luar negeri. Karena hal ini juga, banyak masyarakat yang mempelajari bahasa asing agar dapat berkomunikasi dengan mudah. Dengan demikian kemampuan bahasa asing masyarakat akan semakin baik dan meningkat.

5. Mengubah Pola Pikir Menjadi Modern

Selanjutnya contoh manfaat globalisasi bagi kemajuan masyarakat adalah dapat mengubah cara berpikir masyarakat menjadi lebih modern. Globalisasi membuat masyarakat menjalani kehidupan dengan sangat dinamis. Akibatnya setiap orang akan tetap mengikuti arus globalisasi agar tidak ketinggalan.

6. Meningkatkan Pengetahuan

Dalam hal pengetahuan tentu saja dengan globalisasi, pengetahuan masyarakat akan banyak meningkat. Teknologi yang diciptakan, bahasa asing yang dipelajari, budaya internasional yang diperkenalkan dan lain sebagainya akan menambah pengetahuan setiap masyarakat. Pertukaran pelajar juga sangat bagus untuk meningkatkan pengetahuan.

7. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Karena globalisasi membuat persaingan pasar semakin ketat, maka para pekerja dan produsen-produsen akan meningkatkan produktivitas kerjanya. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengalahkan pesaing yang ada. Dengan produktivitas kerja yang meningkat, kualitas produk pun akan ikut meningkat juga.

8. Perkembangan Teknologi Informasi

Teknologi informasi dan komunikasi yang setiap hari semakin berkembang juga merupakan salah satu manfaat globalisasi. Dengan perkembangan teknologi informasi, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan suatu info atau berita. Contohnya seperti berita harian, berita ramalan cuaca dan masih banyak lagi yang lainnya.

9. Perkembangan Transportasi

Selain teknologi informasi dan komunikasi, bidang transportasi juga mengalami kemajuan yang sangat membanggakan. Mobil canggih yang dapat dikendarai secara otomatis bahkan jika pengendara kelelahan dan tertidur saat berkendara. Ada juga mobil dengan energi listrik, mobil yang bisa terbang, dan lain sebagainya.

10. Meningkatkan Kualitas Produk

Dengan globalisasi, persaingan pasar menjadi semakin ketat. Oleh karena itu, setiap orang bersaing untuk menciptakan produk yang memiliki daya tarik tersendiri di mata konsumen dengan kelebihannya masing-masing. Dengan demikian, seiring waktu berjalan kualitas produk juga akan semakin meningkat.

11. Mempererat Hubungan Internasional

Di bidang hukum, Indonesia juga ikut serta dalam organisasi Internasional. Dalam berbagai masalah, Indonesia juga turut meratifikasi perjanjian hukum Internasional. Selain itu, para negara tetangga akan turut membantu jika Indonesia memiliki masalah. Dengan demikian, hubungan internasional akan semakin erat terjaga.

12. Kualitas Hidup Lebih Baik

Manfaat globalisasi selanjutnya adalah membuat kualitas hidup jauh lebih baik dari sebelumnya. Segala sesuatu dapat dikerjakan dengan sangat mudah dengan dampak globalisasi. Baik dalam hal mendapatkan suatu barang ataupun menggunakan satu jasa tertentu. Tentunya ini merupakan hal yang diinginkan kebanyakan orang di zaman sekarang.

Secara garis besar, contoh manfaat globalisasi bagi kemajuan masyarakat adalah dari segi teknologi yang berkembang pesat. Setiap aspek globalisasi memiliki dampak yang berbeda bagi kemajuan masyarakat. Selain itu juga banyak aktivitas yang dapat dilakukan dengan sangat mudah seiring kemajuan teknologi yang diciptakan.

Leave a Comment